Pemkab dan DPRD Sahkan Enam Ranperda Luwu Timur

IMG-20181219-WA0061

Paripurna dalam rangka Penandatanganan Persetujuan Bersama Ranperda Tahap I Tahun Sidang 2017 dan Tahap II Tahun Sidang 2018 sekaligus Pendapat Akhir Kepala Daerah terhadap Ranperda Tahap I Tahun Sidang 2017, dan Tahap II Tahun Sidang 2018 dirangkaikan dengan persetujuan bersama program Pembentukan Peraturan Daerah Tahun 2019 digelar DPRD Luwu Timur di Ruang Sidang Paripurna Kantor DPRD, Rabu (19/12/2018).

Ada 5 buah Ranperda Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur dan 1 buah Ranperda Inisiatif DPRD yang telah disepakati yakni :
1. Ranperda tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan;
2. Ranperda tentang Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif;
3. Ranperda tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan;
4. Raperda tentang Penyelenggaraan dan Retribusi Tera/Tera Ulang;
5. Ranperda tentang Pengelolaan Perpustakaan Daerah;
6. Ranperda tentang Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pembudidaya Ikan Kecil (Ranperda Inisiatif DPRD).

Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler dalam pendapat akhirnya mengatakan, proses akhir pembahasan Ranperda dengan ditandainya persetujuan bersama, merupakan cerminan antara DPRD dan Pemerintah Daerah untuk menghasilkan Peraturan Daerah yang baik dan berkualitas.

Setelah Perda ini diundangkan, Husler berharap kepada Perangkat Daerah pengusul atau yang
terkait untuk segera menyusun aturan-aturan penjabaran dari Perda dimaksud, sehingga hal-hal teknis dapat dilaksanakan.

“Penyusunan aturan penjabaran tentunya tidak boleh bertentangan dengan kepentingan umum dan peraturan Perundang-Undangan yang lebih tinggi,” ujar Husler.

Dirinya juga berterimakasih kepada DPRD yang telah melakukan pembahasan Ranperda sehingga menjadi suatu produk hukum yang diharapkan mampu menjadi pedoman bagi semua yang terkait dengan Perda tersebut.

Harapannya, dalam pelaksanaan Peraturan Daerah ini, nantinya berdampak secara optimal dan maksimal sebagai upaya mewujudkan Pemerintahan dan pelaksanaan Pembangunan di Luwu Timur Bumi Batara Guru.

“Wanua Mappatuo Na Ewai Alena yang maju mandiri dan sejahtera, serta Insya Allah akan Terkemuka pada Tahun 2021, Aamiin,” tutup Husler. (hms/ikp/kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>